Kuliah Umum Program Studi Sarjana Farmasi


Terakhir diperbarui oleh :
Humas,

Senin 2019-03-22 14:05:00


Program Studi Sarjana Farmasi STIKES Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan mengadakan Kuliah Umum dengan tema Pemanfaatan Potendi Bahan Alam dari Biota Laut. Kegiatan diselenggarakan hari ini, Jumat, 22 Maret 2019 di Auditorium Kampus 2 STIKES Muhammadiyah Pekajangan. Kuliah umum ini diikuti oleh 376 peserta yang terdiri dari seluruh mahasiswa program studi Sarjana Farmasi dan tamu undangan yang hadir. Tujuan dari kegiatan kuliah umum ini agar mahasiswa memiliki wawasan tentang bahan alam biota laut yang dapat dimanfaatkan dalam bidang kefarmasian. Narasumber dalam kegiatan ini yaitu Dr. Muhammad Nursid, M.Si yang merupakan seorang peneliti di Balai Besar Riset Pengolahan Produk dan Bioteknologi Kelautan dan Perikanan (BBRP2B), Badan Riset dan Sumber Daya Manusia dan KKP. Beliau menyampaikan bahwa pemanfaatan bahan alam dari biota laut baru mulai diteliti pada tahun 1900-an. Perkembangan pesat penelitian biota laut ini mulai berkembang tahun 2015. Sumber senyawa aktif laut sebenarnya lebih tinggi dari senyawa yang ada di darat. Walaupun, masih 30% potensi yang baru diteliti oleh para peneliti. Kebanyakan mikroba laut yang sudah diteliti digunakan sebagai anti tumor, anti kanker dan sebagainya. Sebagai contoh, pada penelitian teripang ditemukan senyawa saponin di dalamnya yang dapat digunakan sebagai anti kanker, anti bakteri, anti oksidan dan antiastrioastitis. Beliau menambahkan bahwa budidaya laut harus lebih digencarkan untuk mempertahankan ekosistem laut.



Wisuda XXII & Angkat Sumpah Profesi


Terakhir diperbarui oleh :
Humas,

Senin 2019-03-20 08:08:00


Rabu, 20 Maret 2019 STIKES Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan menyelenggarakan Wisuda XXII dan Angkat Sumpah Profesi di Auditorium Kampus 2. Sejumlah 106 wisudawan yang mengikuti Wisuda XXII dan Angkat Sumpah Profesi terdiri dari 66 Profesi Ners, 30 Sarjana Keperawatan, 8 Sarjana Farmasi, 1 Sarjana Fisioterapi dan 1 Diploma Tiga Keperawatan. Wisudawan baik dari program studi pendidikan profesi Ners yaitu Desi Hikmawati dengan IPK 3,94, Septiana Dwi Pramanasari dengan IPK 3,98, dan Joko Mulyadi dengan IPK 3,96.

Selamat dan Sukses Wisuda XXII dan Angkat Sumpah Profesi STIKES Muhammadiyah Pekajangan



Silaturahim, Sosialisasi dan Pengabdian Masyarakat oleh LSBO kerjasama dengan STIKES Muhammadiyah Pekajangan


Terakhir diperbarui oleh :
Humas,

Senin 2019-03-16 13:32:00


Silaturahim, Sosialisasi dan Pengabdian Masyarakat oleh lembaga seni Budaya dan Olahraga (LSBO) Pimpinan Pusat Muhammadiyah bekerjasama dengan STIKES Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan diselenggarakan hari ini Sabtu, 16 Maret 2019 di Kampus 2 STIKES Muhammadiyah Pekajangan. Kegiatan ini dihadiri oleh 170 peserta yang berasal dari Pimpinan Daerah Muhammadiyah dan Aisyiyah beserta ortomnya, STIE Muhammadiyah Pekalongan dan Politeknik Muhammadiyah Pekalongan. Kegiatan ini dibagi menjadi 3 agenda yaitu Sosialisasi program LSBO, pelatihan Cipta Lagu untuk guru Paud, SD, SMP, SMA Muhammadiyah Se Kabupaten dan Kota Pekalongan, Pelatihan Melukis untuk siswa SMP dan SMA Muhammadiyah Se Kabupaten dan Kota Pekalongan.



        Copyright © 2015 STIKES Muhammadiyah Pekajangan. All Rights Reserved.