STIKES MUHAMMADIYAH PEKAJANGAN TINGKATKAN KERJA SAMA U to U DENGAN KKU THAILAND


Terakhir diperbarui oleh :
Administrator,

Senin 2014-10-27 13:54:00


 Khon Kaen, Thailand  (27/10/2014). Setelah sebelumnya telah terjalin kerjasama antara Ketua STIKES Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan dengan  “Dean Faculty Of Nursing Khon Kaen University, Thailand”,  Senin 27/10/2014 lalu telah dilakukan penandatanganan MOU antara Ketua STIKES Muhammad[yah Pekajangan Pekalongan Mokhamad Arifin, SKp. MKep dengan  “President Khon Kaen University Thailand” Assoc Prof. Dr. Kattichai Tritanasirichai. Penanda tangan  dilakukan bersamaan dengan 14 perguruan tinggi lainya di saksikan oleh Duta besar Indonesia untuk Thailand HE. Lutfi Rauf dan Atase Pendidikan Indonesia untuk Thailand Dr. Yunardi .  
Kerjasama yang telah dirintis oleh STIKES Muhammadiyah Pekajangan adalah Student Exchange dengan mengirimkan 6 Mahasiswa  Profesi Keperawatan ke KKU Thailand pada bulan  Agustus-September 2014 lalu, Peningkatan Kualitas akademik Dosen dengan mengirimkan 3 Dosen untuk Tugas belajar di Program Master KKU sejak 2013 lalu. Adapun untuk  Joint Research sudah dilakukan beberapa kali pertemuan bersamaan dengan beberapa perguruan tinggi lainya di Indonesia.

Dengan MOU antara STIKES Muhamadiyah Pekajangan dengan Khon Kaen University ini diharapkan kerjasama tidak hanya di bidang Keperawatan saja namun dapat berkembang ke bidang-bidang  lainnya seiring dengan perkembangan intitusi sebagai contoh dalam bidang Farmasi dan Fisioterapi dimana dua  prodi ini merupakan prodi baru di STIKES Muhammadiyah Pekajangan.
 
Penandatangan kerjasama yang berlansung di President room KKU Thailand  ini  diarahkan pada beberapa aktifitas yaitu : Pertukaran publikasi, informasi dan bahan  penelitian, Pengembangan joint research, Pertukaran mahasiswa dan pertukaran staf akademik. Dalam sambutannya Kedubes RI untuk Thailand berharap penandatangan kerjasama ini dapat menjadi tonggak yang sangat penting dalam rangka meningkatkan kulitas perguruan tinggi yang pada akhirnya dapat meningkatkan kualitas alumni yang dihasilkan sehingga dapat bersaing secara global.        



STIKES MUHAMMADIYAH PEKAJANGAN SELENGGARAKAN PELATIHAN GAWAT DARURAT


Terakhir diperbarui oleh :
Administrator,

Senin 2014-10-24 13:46:00


STIKES  SELENGARAKAN PELATIHAN GAWAT DARURAT

Kajen . Sebanyak 31 mahasiswa profesi Ners STIKES Muhamadiyah Pekajangan Pekalongan  mengikuti pelatihan kegawatdaruratan yang diselenggarakan oleh Prodi S1 Keperawatan bekerja sama dengan Himpunan Perawat Gawat Darurat Bencana Indonesia (HIBGABI) yang diselengarakan pada tanggal  20-24 Oktober 2014 merupakan gelombang kedua setelah  bulan  sebelumnya diadakan pelatitihan sejenis.

“Pelatihan  Emergency Nursing Intermediate Level (ENIL) ini diselenggarakan secara rutin dan wajib diikuti oleh mahasiswa  khususnya profesi ners sebagai salah satu kompetensi yang harus dimiliki dan dikuasi dengan baik”. Ungkap Dafit Arifiyanto, MKep, SpKMB. Kaprodi S1 Keperawatan disela sela Evaluasi Peserta / Skill lab pelatihan Jumat lalu. “pelatihan sejenis akan kami terus kembangkan baik  kuantitas maupun kualitasnya” imbuhnya.

PPGD Menurut ketua STIKES Muhammad Arifin, Mkep. Pelatihan  sejenis yang diselengarakan juga  oleh prodi-prodi lainya  seperti Prodi D III Keperawatan (PPGD) dan Prodi D III Kebidanan (PPGDON) yang dilakukan secara berkala bekerjasama dengan EMS 118. Pelatihan ini  juga sangat bermanfaat bagi peserta disamping sebagai bekal pribadi nanti ketika bekerja dan bermasyarakat, ketrampilan ini sangat diperlukan ketika ada kejadian gawat darurat dan bencana alam yang kerap terjadi di Indonesia. Petugas kesehatan hajipun dipersyaratkan menguasai kemampuan ini.

 

Foto : Salah satu peserta pelatihan ENIL  diStikes Muhammadiyah Pekajng sedang menjalani sesi ketrampilan/Skill lab.



184 MAHASISWA DI WISUDA TINGKATKAN MUTU LULUSAN DENGAN STUDENT EXCHANGE


Terakhir diperbarui oleh :
Administrator,

Senin 2014-10-13 13:37:00


Kajen. Senin (13/10) bertempat di Aula STIKES Muhammadiyah Pekajangan sebanyak 184 mahasiswa yang berasal dari Prodi S1 Keperawatan dan Profesi Ners di wisuda. Wisuda saat ini merupakan Wisuda yang ke XIII dimana jumlah wisudawan seluruhnya saat ini mencapai 398  mahasiswa yang dibagi dalam 2 gelombang. Gelombang I tanggal 11 Oktober 2014 dan Gelombang II Senin tanggal 13 Oktober 2014, mengingat kapasistas gedung yang terbatas.

 Dalam laporan tertulisnya Ketua STIKES Mokhammad Arifin, MKep menyampaikan bahwa saat ini STIKES Muhammadiyah Pekajangan telah melaksanakan Program pertukaran Mahasiswa bekerjasama dengan Universitas Khon Kaen Thailand pada bulan Agustus-September 2014 lalu. Program ini diikuti oleh 6 orang Mahasiswa Profesi yang hari ini ikut diwisuda merupakan Gelombang Perdana karena baru pertama kali dilakukan. Kegiatan ini juga diharapkan menjadi tonggak awal untuk di capainya milestone STIKES Muhammadiyah Pekajangan pada tahun 2025 kelak yang mentargetkan STIKES Muhammadiyah Pekajangan dapat diperhitungkan ditingkat ASIA.

“ Sebenarnya banyak yang berminat di Program pertukaran Mahasiswa ini namun sesuai kuota kami hanya bisa menerima 6 sesuai perjanjian dengan KKU Thailand. Kita berharap kedepan kuotanya dapat ditambah dan berkelanjutan. Tentu tidak hanya Mahasiswa STIKES yang ke sana, sesuai agenda Insyaallah April 2015 Mahasiwa dari KKU Thailand juga akan ke Indonesia untuk tujuan yang sama “kata Ketua STIKES disela-sela wisuda prodi D III  sabtu  lalu.
“  Dalam pertukaran mahasiswa tersebut  mahasiswa tidak hanya mengenal lebih jauh tentang perawatan  gawat darurat di Thailand  namun juga diminta oleh Kedutaan Besar RI menjadi “duta wisata” Indonesia dalam berbagai event. Mahasiswa tidak hanya dituntut trampil di klinik namun juga bisa melakukan karya seni “ imbuhnya
Program Student exchange ini diharapkan dapat ikut membantu dalam mewujudkan misi baru STIKES Muhammadiyah Pekajangan “Menjadi institusi pendidikan kesehatan yang bermutu di Jawa Tengah berdasarkan nilai-nilai Islam pada tahun 2017.” Yang salah satu misinya adalah menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran berdasarkan standar keilmuan Nasional maupun Internasional terkini yang terintegrasi dengan nilai-nailai Islami.

 Dalam wisuda kali ini Tampil sebagai wisudawan baik  dari Prodi S1 Keperawatan : Nur Fahma (3,69,) Retno Widianti (3,64), dan Faizatul Mukaromah (3,41) sedang kandari Profesi : Ardiansah, Arofah, Indah Kurniawati, Ndari Anisa Garbani, Praptin Zulaekho, Spatika parasdyasih, dan Sri Mulyaningsih (semua dengan IPK 3,98).

STIKES Muhammadiyah Pekajangan mempunyai komitmen untuk selalu  meningkatkan kualitas pendidikan dengan mengajukan Akreditasi Intitusi Perguruan Tinggi pada bulan Agustus lalu, juga melakukan perbaikan-perbaikan dan penambahan sarana prasarana di seluruh jajaran baik prodi yang yang sudah berjalan yaitu D III Keperawatan dan Kebidanan, S1 Keperawatan   juga prodi baru S1 Farmasi dan S1 Fisioterapi yang tahun ini sudah ada mahasiswanya.



        Copyright © 2015 STIKES Muhammadiyah Pekajangan. All Rights Reserved.