ALUMNI STIKES SELENGGARAKAN PELATIHAN GAWAT DARURAT


Terakhir diperbarui oleh :
Humas,

Senin 2019-01-02 09:05:00


Alumni STIKES Muhammdiyah Pekajangan Pekalongan menyelenggarakan Pelatihan Penanggulanagan Kegawatdaruratan (PPGD). Pelatihandilaksanakan di kampus 2 STIKES Muhammadiyah Pekajangan pada tanggal 20 – 23 Desember 2018 yang diikuti 22 peserta yang sudah bekerja di Rumah Sakit maupun Puskesmas. Tri Sakti Wirotomo, M.Kep. selaku ketua panitia menyampaikan pentingnya pelatihan PPGD ini sebagai bentuk tanggungjawab tenaga kesehatan dalam hal ini perawat dalam meningkatkan kemampuan klinik dan berpikir kritis sehingga dapat mengambil intervensi krisis yang tepat dan cepat pada kondisi emergency/kegawat daruratan, baik kegawatdaruratan sehari-hari di rumah sakit maupun di masyarakat dan kondisi kegawatdaruratan pada kondisi bencana. Sambutan direkturMST 119 Jakarta yang disampaikan oleh dr. Panondang, Sp.B menegaskan bahwa pelatihan ini merupakan sarana untuk update ilmu khususnya dalam penanganan kegawatdarutaran. Kegiatan pelatihan meliputi pretest bagipeserta dan pemberian materidan skill station kegawatdaruratan dari team Medical Sevice & Training 119 Jakarta dan diakhiri dengan ujian dan simulasi disaster management.



Prodi Bidan adakan Seminar Generas berkualitas


Terakhir diperbarui oleh :
Humas,

Senin 2018-12-04 10:27:00


Optimalisasi Generasi Berkualitas di Era Digital merupakan tema yang dipilih oleh Prodi D III Kebidanan STIKES Muhammadiyah Pekajangan dalam seminar yang diselenggarakan padaSelasa, 20 November 2018. Tema ini diusung dengan melihat fenomena saat ini dimana anak-anak sangat sering menggunakan gadget. Materi Kiat Mendampingi Anak di Era Smart Gadget disampaikan oleh Ustadz Faudzil Adhim, S.Psi, Psikolog yang merupakan pakar parenting Indonesia dan seorang penulis buku-buku parenting best seller.

Narasumber kedua dari pimpinan daerah Ikatan Bidan Indonesia ProvinsiJawa Tengah yaitu Dr. Runjati, M.Mid.menyampaikan materi tentang Kompetensi dan Peran Bidan dalam Mewujudkan Generasi Berkualiatas Melalui Asuhan Kebidanan Holistik. SitiKhuzaiyah, SST, M.Kes, CIMI, CI.IBH, yang merupakanDosenProdi D III Kebidanan, Certified Infant Massage dari IAIM, Instruktur Hipnoterapi sebagai narasumber ketiga dalam seminar tersebut yang menyampaikan materi tentang Peran Tenaga Kesehatan dan Orangtua dalam Mewujudkan Generasi Berkualitas Melalui Asuhan yang Holistik.

Seminar yang diikuti oleh 310 peserta yang berasal dari masyarakat umum, bidan, dan mahasiswa bertujuan untuk meningkatkan pemahaman tentang peran tenaga kesehatan dan orangtua dalam mewujudkan generasi berkualitas melalui asuhan yang holistic.



Upaya ikut menurunkan angka kematian ibu, STIKES adakan pelatihan PPGD-ON


Terakhir diperbarui oleh :
Humas,

Senin 2018-12-04 10:12:00


Angka Kesakitan dan Kematian Ibu dan Bayi di Indonesia hingga saat ini masih tinggi. Beberapa faktor yang menjadi penyebab kematian ibu dan bayi di Indonesia diantaranya adalah faktor langsung dan tidak langsung. Faktor langsung yang berhubungan adalah hipertensi, perdarahan, dan infeksi. Faktor tidak langsung yang berhubungan adalah keterlambatan dalam merujuk, mengambil keputusan dan mengenali serta menangani kondisi gawat darurat pada saat hamil, bersalin dan nifas juga terkait dengan masalah kematian ibu dan bayi. Upaya yang perlu dilakukan dalam rangka penurunan angka kematian ibu dan bayi salah satunya adalah peningkatan kualitas tenaga kesehatan.

Terkait dengan hal tersebut Prodi D III Kebidanan STIKES Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan bekerja sama dengan JMS 119 menyusun kegiatan pelatihan Penanggulangan Gawat Darurat Obstetri dan Neonatal (PPGDON). Yang telah berlangsung pada 21 – 25 November 2015. Kampus I STIKES Muhammadiyah Pekajangan, Jl.Raya Pekajangan No.87 Pekajangan Kedungwuni Pekalongan

Dengan target memahami  prinsip-prinsip penanganan gawat darurat umum, kebidanan dan neonatus, aspek etik dan legal dalam penanganan kegawatdarurat, mampu mengenali dan melakukan penilaian kondisi kegawatdaruratan yang mengancam jiwa pada ibu hamil, bersalin, nifas dan bayi baru lahir serta kemampuan  memberikan pertolongan secara tepat dan cepat pada kasus kegawatdaruratan untuk penyelamatan jiwa ibu dan bayi baru lahir.

Tidak hanya mahasiswa,  peserta pelatihan ini juga  berasal umum yang sudah bekerja di rumah sakit, puskesmas , instanti pendidikan kebidanan dan fresh graduate  yang total seluruhnya berjumlah 82 orang.



        Copyright © 2015 STIKES Muhammadiyah Pekajangan. All Rights Reserved.