Kerjasama dengan Aisyiyah, zProdi Kebidanan adakan Pemeriksaan IVA


Terakhir diperbarui oleh :
Humas,
Senin 2018-03-21 19:37:00


Inspeksi Visual Asam Asetat (IVA) merupakan cara sederhana untuk mendeteksi kanker leher rahim sedini mungkin. IVA merupakan pemeriksaan leher rahim (serviks) dengan cara melihat langsung (dengan mata telanjang) leher rahim setelahleher rahim dipoles dengan larutan Asam Asetat 3%-5%.  STIKES Muhammadiyah Pekajangan bersama dengan Pimpinan Daerah Aisyiyah Kabupaten Pekalongan sebagai bagian dari masyarakat merasa perlu berkontribusi dalam upaya pencegahan kanker leher rahim. Sebagai bentuk wujud nyata kesertaannya maka Prodi DIII Kebidanan bekerja sama dengan Pimpinan Daerah Aisyiyah Kabupaten Pekalongan, Dinas Kesehatan, Dinas PMD, P3A dan PPKB melaksanakan kegiatan pengabdian masyarakat pemeriksaan Inspeksi Visual Asetat (IVA).

Kegiatan ini diselanggarakan pada tanggal 6 Maret 2018, di Laboaratorium STIKES Muhammadiyah Pekajangan . Antusiasme masyarakat sangat tinggi , hal ini terlihat dengan Jumlah Peserta 218 Peserta yang berasal dari beberapa daerah diantaranya Pekajangan, Wonokerto, Kedungwuni, Bojong, Wonoyoso, Doro, Wiardesa, Talun, Kajen, Lebak Barang, Pencongan, Karanganyar, Siwalan, Kesesi.

Provider berasal dari Puskesmas Tirto I, Kedungwuni I dan II, Doro I, Bojong I, dan Karang Dadap. Hasil pemeriksaan menujukkan dari 218 peserta terdapat 6 dengan hasil pemeriksaan IVA (+) Positif , 202 dengan hasil IVA (-) Negatif dan 10 Tidak dilakukan pemeriksaan.



        Copyright © 2015 STIKES Muhammadiyah Pekajangan. All Rights Reserved.