MAHASISWA D3 KEBIDANAN, RAIH MEDALI PERAK DI POMPROV (Pekan Olah Raga Provinsi) JAWA TENGAH 2017


Terakhir diperbarui oleh :
Risqi,

Senin 2017-08-07 10:02:00


Nurul Hayah Ayuni, Mahasiswa semester IV DIII Kebidanan Stikes Muhammadiyah Pekajangan ini mendapatkan Medali Perak Cabang Olahraga Shorinji Kempo di Pekan Olahraga Provinsi Jawa Tengah yang dilaksanakan di Universitas Diponegoro tanggal 5-6 Agustus 2017.

  

Pekan Olahraga Mahasiswa ini dikuti oleh 37 peserta dari 10 perguruan tinggi di Jawa Tengah  yang merupakan perwakilan rayon dan telah meraih juara 1 dan 2 di Pekan Olah Raga Mahasiswa di Tingkat Rayon. Seperti yang dilansir berita sebelumnya, Nurul Hayah Ayuni yang merupakan mahasiswa semester DIII Kebidanan ini  merupakan juara 2 POM tingkat rayon.

  

“Mendapat medali perak ini, adalah prestasi yang membanggakan untuk Stikes Muhammadiyah pada umumnya dan Prodi D3 Kebidanan pada khususnya” ujar Wakil Ketua III bagian Kemahasiswaan.



MAHASISWA DIII KEBIDANAN, RAIH MEDALI PERAK DAN PERUNGGU DI POM RAYON III JAWA TENGAH


Terakhir diperbarui oleh :
Risqi,

Senin 2017-05-08 13:16:00


Pekan Olah Raga Mahasiswa (POM) Rayon III Jawa Tengah 2017 di laksanakan di Kota Magelang. Nurul Hayah Ayuni mahasiwa semester IV Prodi DIII Kebidanan ini meraih juara II dan mendapat medali perak di cabang olahraga Kempo Randori Putri Kelas 45 Kg. Perlombaan Kempo ini dilaksanakan di SMK N 1 Magelang pada tanggal 5-6 mei 2017 yang dikuti dari oleh UNSOED, UMP, IAIN Purwokerto, UM Magelang, Unikal dan Stikes Muhammadiyah Pekajangan.

 

Di Cabang Olahraga  Taekwondo Kyorugi under 49 Kg, mahasiswa Prodi III Kebidanan semester IV atas nama Peggy Wijayanti meraih gelar juara III dan mendaptkab medali perunggu. Pelombaan cabang ini di laksanakan di Kampus I Universitas Muhammadiyah Magelang tanggal 3 – 4 Mei 2017.
Para Pemenang lomba kejuaraan POM Rayon III Jawa tengah ini akan bertanding kembali di POM Provinsi. Wakil Ketua Stikes III yang sejak awal mendampingi mahasiswa di Magelang mengucapkan “Selamat buat Stikes Muhammadiyah Pekajangan dan Prodi DIII Kebidanan yang mendapatkan medali emas dan perunggu “
“Saya sangat senang dan bangga bisa mengharumkan nama Stikes Muhammadiyah Pekajangan” ungkap salah satu pemenang.(Risqi.doc)



HIMPUNAN MAHASISWA DIII KEBIDANAN GELAR KARTINI DAY


Terakhir diperbarui oleh :
Risqi,

Senin 2017-05-02 14:32:00


“The Stylish With The Character and Culture” adalah tema yang di usung oleh Himpunan Mahasiswa Prodi DIII Kebidanan dalam menyelenggarakan Kartini Day. Acara yang sudah terselenggara setiap tahun ini mengangkat tema yang berbeda di tahun ini. Kartini day digelar dengan berbagai kegiatan diantaranya Midwifery Social Care (Bakti Sosial), Putri Kartini, Ekspo Daerah, Peduli Kasih, Tari Tradisional, Cipta Baca Puisi.

Kegiatan yang diselenggarakan tanggal 29 April 2017 di Kampus I Stikes Muhammadiyah Pekajangan ini di buka oleh Aida Rusmariana, MAN selaku Wakil Ketua III Stikes Muhammadiyah Pekajangan bagian kemahadiswaan dalam pidatonya “Kartini day tahun ini, semoga bisa melestarikan budaya yang ada di Indonesia”.

Kartini day ini juga dimeriahkan dari himpunan mahasiswa prodi S1 Farmasi, S1 Fisioterapi, S1 Keperawatan, DIII Keperawatan dengan mengikuti perlombaan yang di selenggarakan dalam acara ini.


“Pada Jiwa Yang Sehat Akan Tersimpan Jiwa Yang Kuat”, demikianlah sepenggal kalimat yang menjadi inspirasi kami dalam mengusung kegiatan hari kartini kali ini, berawal dari  jiwa yang sehat inilah yang kelak akan melahirkan kreatifitas dan berbagai inovasi” Ungkap Ketua Panitia dari Himpunan Mahasiswa Kebidanan.



RATUSAN AKSEPTOR KB, BANJIRI SAFARI KB


Terakhir diperbarui oleh :
Risqi,

Senin 2017-04-28 13:02:00


Pengabdian masyarakat SAFARI KB DALAM RANGKA BULAN BAKTI KB KERJASAMA PRODI DIII KEBIDANAN STIKES MUHAMMADIYAH PEKAJANGAN PEKALONGAN DENGAN DINAS PMD, P3A DAN PPKB SERTA PIMPINAN DAERAH AISYIYAH KABUPATEN PEKALONGAN di banjiri akseptor KB.

 

Kegiatan yang dilaksanakan tanggal 26 April 2017 di Kampus I Stikes Muhammadiyah Pekajangan ini di ikuti 172 wanita usia subur dari berbagai wilayah di Kabupaten Pekalongan. Diantaranya Talun, Karanganyar, Kedungwuni, Buaran, Wonopringgo, Kajen, Doro yang terdiri dari 25 Akseptor IUD dan 147 Akseptor KB implant.

Safari KB ini di hadiri oleh Drs. Yoyon Ustar Hidayat, MSi selaku Kepala Dinas PMD, P3A dan PPKB Kebupaten Pekalongan, Rumainur, S.Pd,I selaku Pimpinan Daerah Aisyiyah Kabupaten Pekalongan dan M. Arifin SKp. MKep selaku Ketua Stikes Muhammadiyah Pekajangan. Kegiatan diawali dengan pendaftaran, anamnesa, pemeriksaan awal, konseling pra pemasangan, pelayanan, konseling pasca pelayanan.

 Pelaksana Pelayanan dalam Kegiatan ini yaitu Bidan dari Puskesmas Kedungwuni I, Kedungwuni II, RB Aisyiyah Wiradesa, Tim Aisyiyah, Tim Dinas PMD, P3A dan PPKB Kebupaten Pekalongan dan Tim Prodi DIII Kebidanan Stikes Muhammadiyah Pekajangan.

“Mengikuti kegiatan SAFARI KB ini sangat menyenangkan, sebelum dan sesudah pelayanan kami mendapakan informasi yang jelas mengenai alat kontrasepsi yang kami pakai”, Ungkap salah satu peserta. 



PRODI KEBIDANAN GELAR PELATIHAN GAWAT DARURAT


Terakhir diperbarui oleh :
Risqi,

Senin 2017-02-13 15:04:00


Keadaaan gawat darurat yang mengancam keselamatan jiwa ibu dan bayi baru lahir sering kali dihadapi oleh bidan saat memberikan pelayanan. Oleh karena itu penting sekali agar bidan mampu mengenali keadaan gawat darurat yang dihadapinya dan memberikan penanganan yang cepat dan tepat untuk menyelamatkan jiwa ibu dan bayinya. Berdasarkan latar belakang tersebut, Prodi D III Kebidanan STIKES Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan bekerja sama dengan JMS 119 melakukan kegiatan pelatihan Penanggulangan Gawat Darurat Obstetri dan Neonatal (PPGDON).

 Tujuan pelatihan ini adalah Peserta mampu memahami prinsip-prinsip penanganan gawat darurat umum, kebidanan dan neonatus, memahami aspek etik dan legal dalam penanganan kegawatdaruratan, mampu mengenali dan melakukan penilaian kondisi kegawatdaruratan yang mengancam jiwa pada ibu hamil, bersalin, nifas dan bayi baru lahir, mampu memberikan pertolongan secara tepat dan cepat pada kasus kegawatdaruratan untuk penyelamatan jiwa ibu dan bayi baru lahir.

PPGDON dilaksanakan pada 7 – 12 Februari 2017 di Kampus I Stikes Muhammadiyah Pekajangan dengan jumlah peserta 72 orang yang terdiri dari Bidan di RS, Puskesmas, RB Institusi Pendidikan dan Alumni yang belum bekerja.

 Doc. Stikes

Doc. Stikes

Pelatihan ini dimulai dari sesi teori di ruang kelas, kemudian stasi skill yang terdiri dari stasi gawat darurat umum, dan gawat darurat obsetri neonatal dan di akhiri dengan simulasi.
“Pelatihan ini sangat banyak sekali manfaatnya, wawasan dan pengetahuan saya bertambah bagaimana menghadapi situasi gawat darurat kebidanan” ungkap salah satu peserta.(Doc. Risqi)



        Copyright © 2015 STIKES Muhammadiyah Pekajangan. All Rights Reserved.