Pelatihan Kader Kesehatan


Terakhir diperbarui oleh :
Elisa Susiyanti,
Senin 2012-03-30 08:22:00


Selasa, 28 Februari 2011. Dalam rangka peningkatan mutu sumber daya manusia, prodi DIII Keperawatan STIKES Muhammadiyah Pekajangan mengadakan kegiatan pelatihan kader kesehatan untuk keluarga karyawan.

Kegiatan yang bertemakan “Pengetahuan Kesehatan Pada Ibu Dapat Meningkatkan Kesejahteraan Keluarga” ini dihadiri oleh 34 peserta. Masing-masing adalah istri karyawan STIKES Muhammadiyah Pekajangan yang bekerja di bidang non-medis.

Kegiatan dilaksanakan mulai pukul 07. 30, kemudian dilanjutkan kegiatan pre test. Kegiatan selanjutnya adalah materi Hipertensi dan Stroke yang disampaikan langsung oleh Bapak Muhammad Arifin, MKep, ketua STIKES Muhammadiyah Pekajangan. Dilanjutkan oleh Ibu Aida Rusmariana, MAN yang memberikan materi tentang Pertumbuhan dan Perkembangan anak. Lalu pemberian materi Demam Berdarah oleh Puket 1, Bapak Sigit Prasojo, Mkep.

Selain kegiatan ceramah dan diskusi, juga dilakukan kegiatan demonstrasi agar peserta dapat memperagakan secara langsung. Kegiatan demonstrasi ini, diisi oleh puket 3, Ibu Emi Nurlaela, MKep. Sp.Mat. yang mendemonstrasikan penanganan tersedak pada anak. Dilanjutkan dengan demonstrasi pembuatan oralit dan pendidikan kesehatan diare pada anak oleh Bapak Firman Faradisi, Skep. Ns. Dan perawatan Luka serta materi tentang Diabetes Melitus oleh Ka-prodi DIII Keperawatan STIKES Muhammadiyah Pekajangan, Ibu Nuniek Nizmah Fajriyah, Mkep. SpKMB.  

Usai materi, peserta menjalani post-test guna mengevaluasi hasil dari pelatihan. Diharapkan dengan kegiatan pelatihan ini, para kader menerapkan ilmunya dalam kehidupan sehari-hari.



        Copyright © 2015 STIKES Muhammadiyah Pekajangan. All Rights Reserved.