Pelatihan APN Alumni D III Kebidanan


Terakhir diperbarui oleh :
Ar,
Senin 2010-01-22 01:05:00


Menurut data WHO, sebanyak 99 persen kematian ibu akibat masalah persalinan apn atau kelahiran terjadi di negara-negara berkembang. Rasio kematian ibu di negara-negara berkembang merupakan yang tertinggi dengan 450 kematian ibu per 100 ribu kelahiran bayi hidup jika dibandingkan dengan rasio kematian ibu di sembilan negara maju dan 51 negara persemakmuran

Tingginya kasus kesakitan dan kematian ibu di banyak negara berkembang, terutama disebabkan oleh perdarahan pascapersalinan, eklampsia, sepsis dan komplikasi keguguran. Sebagian besar penyebab utama kesakitan dan kematian ibu tersebut sebenarnya dapat dicegah. Melalui upaya pencegahan yang efektif, beberapa negara berkembang dan hampir semua negara maju, berhasil menurunkan angka kesakitan dan kematian ibu ke tingkat yang sangat rendah.

Kajian dan bukti ilmiah menunjukkan bahwa asuhan persalinan bersih, aman dan tepat waktu merupakan salah satu upaya efektif untuk mencegah terjadinya kesakitan dan kematian apn

Terkiat dengan hal tersebut Prodi D III Kebidanan bekerja sama dengan P2KP Dinas Kesehatan Kab Pekalongan menyelenggarakan pelatihan Asuhan Persalinan Normal bagi alumni yang berlangsung secara bertahan dari Desember 2009  s.d Januari 2010. 

" Dengan pengisian patograf, Bidan diharapkan sudah dapat mendeteksi adanya kelainan sejak dini, juga harus tahu kapan harus merujuk" demikian ungkap dr.H. Ahmad Dahlan SpOG dalam kesempatan pembukaanpelatihan tersebut.



        Copyright © 2015 STIKES Muhammadiyah Pekajangan. All Rights Reserved.