Kuliah Umum oleh Ketua BKKBN Pusat dan Launcing Pusat Informasi dan Konseling Kesehatan Remaja


Terakhir diperbarui oleh :
Elisa Susiyanti,
Senin 2012-02-15 11:38:00


Kuliah Umum dan Launcing Pusat Informasi dan Konseling Kesehatan Remaja

  Selasa, 14 Februari 2011. Ketika gempita moment ‘pingky’ sedang menggelora hampir di semua tempat di dunia, di STIKES Muhammadiyah Pekajangan justru berbagi ilmu dan pengetahuan. Aula STIKES Muhammadiyah Pekajangan ramai dengan kedatangan ketua Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional dan Bupati Kabupaten Pekalongan. 

Dalam acara yang bertajuk Kuliah Umum dan Launcing Pusat Informasi dan Konseling Kesehatan Remaja ini, dihadiri oleh ratusan mahasiswa dosen dan karyawan. Menurut keterangan Ibu Milatul Hanifa, S.St kegiatan ini berawal dari sepuluh tahun yang lalu. STIKES Muhammadiyah Pekajangan secara rutin memberikan bimbingan kesehatan remaja kepada siswa SMA dan SMP yang di mulai sejak tahun 2003 silam. Kegiatan ini diawali ketika Ibu Aida Rosmariana MAN masih menjabat sebagai kemahasiswaan prodi DIII Kebida nan.

Ibu Hanif juga menambahkan bahwa ternyata pemberian bimbingan kesehatan remaja ini kemudian diminati oleh SMA dan SMP negeri di wilayah pekalongan. Karena permintaan yang semakin meluas, akhirnya dibentuklah tim PIK KIR yang kini dikomando oleh Intan, mahasiswa DIII Kebidanan STIKES Muhammadiyah Pekajangan.

Launcing Pusat Informasi dan Konseling Kesehatan Reproduksi Remaja STIKES Muhammadiyah Pekajangan ini dibuka oleh Dr. dr. sugiri syarief, MPA selaku ketua Bkkbn dan disaksikan langsung oleh Bapak Amat Antono selaku Bupati Kabupaten Pekalongan. Dengan kegiatan ini artinya kegiatan konseling secara resmi dibuka untuk umum. Kegiatan secara rutin dilaksanakan setiap Jumat dan Sabtu oleh mahasiswa  di kampus 2 STIKES Muhammadiyah Pekajangan.

Selain melakukan seremonial launcing kegitan, Dr. dr. sugiri syarief, MPA juga memberikan kuliah umum tentang kependudukan di Indonesia. Sayangnya beliau hanya dapat memberikan materi kurang lebih enam puluh menit dikarenakan setelah kunjungan ini, Dr. dr. sugiri syarief, MPA ada kegiatan lagi di Semarang. Padahal kuliah umum ini disambut secara antusias oleh mahasiswa. Banyak pertanyaan yang  bermunculan yang sayangnya tidak semua dapat terjawab.

Selain kegiatan konseling secara langsung, kegiatan PIK KIR ini juga seringkali on air di radio RKS Kajen. Mahasiswa STIKES Muhammadiyah Pekajangan siap membantu konseling remaja yang ingin berkonsultasi tentang masalah kesehatan yang dialami mereka. 



        Copyright © 2015 STIKES Muhammadiyah Pekajangan. All Rights Reserved.