Pentingnya Imunisasi


Terakhir diperbarui oleh :
Elisa Susiyanti,
Senin 2012-02-02 21:58:00


Imunisasi merupakan salah satu bentuk intervensi kesehatan yang sangat efektif dalam menurunkan angka kematian pada bayi dan balita. Berbagai macam penyakit menular seperti penyakit difteri, pertusis, campak, tetenus dan polio telah terbukti menurun secara menyolok berkat pemberian imunisasi pada bayi dan anak.

 Pentingnya imunisasi ternyata terkadang belum diketahui oleh orang tua yang memiliki bayi dan balita. Masih banyak anak Indonesia yang belum mendapatkan imunisasi karena kelalalaian dan kurang pengetahuannya para orang tua.

Perawat sebagai petugas kesehatan dituntut kemampuannya untuk ikut bertanggungjawab dalam melaksanakan upaya peningkatan sistem kekebalan tubuh melalui imunisasi. Oleh karana itu, perawat dituntut untuk memiliki pengetahuan dan ketrampilan dalam pemberian imunisasi. Hal ini berarti perawat harus mampu berperan sebagai pendukung dan inovator yang akan membentuk perilaku masyarakat dalam mengembangkan kesehatan pada umumnya dan pemberian imunisasi pada khususnya.

Salah satu bentuk kegiatan bakti sosial mahasiswa STIKES Muhammadiyah Pekajangan program studi DIII keperawatan dalam bidan imunisasi ditunjukan dalam kegiatan Pendidikan kesehatan tentang imunisasi pada bayi baru lahir dan balita, dan deteksi dini tumbuh kembang anak. Kegiatan pendidikan kesehatan ini dilaksanakan pada hari Selasa, 17 januari 2012 Jam 09.00 di Balai Desa Kalijoyo. Dalam kegiatan ini, peserta antusias dan aktif bertanya serta memperhatikan dengan baik. Peserta yang hadir 26 orang dan semua peserta mengikuti kegiatan sampai selesai.



        Copyright © 2015 STIKES Muhammadiyah Pekajangan. All Rights Reserved.