PRODI BIDAN GANDENG PMI BENTUK BANK DARAH


Terakhir diperbarui oleh :
Humas,
Senin 2018-01-11 15:33:00


Dalam rangka  meningkatkan persediaan darah di Kabupaten Pekalongan yang sangat dibutuhkan oleh masyarakat, khususnya ibu melahirkan yang membutuhkan darah, Program Studi D III Kebidanan  menyelenggarakan  kegiatan donor darah dan cek golongan darah bekerjasam dengan PMI Kabupaten Pekaongan. Dari Desa Tenogo dan Desa Domiyang Kecamatan Paninnggaran Kabupaten Pekalongan tercatatat  peserta chek golongan adarah adalah 88 orang, dan peserta donor darah  adalah 31 orang. Hasil kegiatan  ini berjalan lancar, antusiame warga sangat baik. Untuk warga yang sudah mengetahui golongan darahnya hanya menyerahkan data saja, tidak dilkukan pemeriksaan ulang untuk golongan darah. Hasil Kegitan ini bisa digunakan untuk membantu warga masyarakat desa dalam mencari golongan darah, apabila suatu ketika terjadi kegawat daruratan maternal atau kegawat daruratan yang lain.

Donor darah ini merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari PKL/PKMD Prodi DIII Kebidanan STIKES Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan yang dilaksanakan Kecamatan Paninnggaran Kabupaten Pekalongan. Pelaksanaan  selama tiga minggu (14 Desember 2017 – 4 Januari 2018).  Kegiatan ini  salah satunya dibalut dengan pembentukan  Bank Darah yang bekerjasama dengan PMI Kabupaten Pekalongan dan Puskesmas Paninggaran. Kegiatan ini dilatarbelakangi bahwa salah satu unsur desa siaga adalah terbentuknya Bank Darah.

“ Para warga dikelompokan berdasarkan golongan darahnya sehingga  akan memudahkan warga dalam mendapatkan darah yang sesuai dengan kebutuhannya.” Ungkap Nina Suhana, MPH ketua Prodi DIII kebudanan stikes Muhammadiyah Pekajngan

 



        Copyright © 2015 STIKES Muhammadiyah Pekajangan. All Rights Reserved.