Prodi Kebidanan Gandeng CI Ikuti Pelatihan Preseptor Mentor


Terakhir diperbarui oleh :
Risqi,
Senin 2017-03-11 14:55:00


Prodi DIII Kebidanan Stikes Muhammadiyah Pekajangan perlu melakukan berbagai upaya pengembangan dan pembenahan yang berkaitan dengan kurikulum, sarana prasarana dan Sumber Daya Manusia (SDM) dalam rangka peningkatan mutu penyelenggraan pendidikan. hal ini juga dilakukan untuk menghadapi adanya peningkatan tuntutan masyarakat akan pelayanan kebidanan. Clinikcal Instruktur (CI) merupakan salah satu  SDM yang penting dalam proses pembelajaran praktik pelayanan kebidanan. CI merupakan SDM yang melaksanakan bimbingan klinik di lahan praktik dalam rangka pencapaian kompetensi yang ditetapkan dengan memberikan pengalaman nyata dan bimbingan klinik. Diharapkan dengan pembimbingan klinik oleh CI yang telah mengikuti pelatihan, maka proses bimbingan mahasiswa di lahan praktik sesuai dengan tujuan pembelajaran klinik.
 
Tujuan dari Pelatihan Preseptor Mentor Bagi  Clinical Instructure ini antara lain: Memahami konsep dasar peran CI di tatanan klinik, Memahami peran dalam setiap tahapan proses pembelajaran klinik, Memahami peran, fungsi dan tugas-tugas sebagai pembimbing praktek klinik kebidanan, Mampu melaksanakan bimbingan klinik kebidanan pada mahasiswa kebidanan, Mampu melaksanakan evaluasi terhadap peserta didik baik mahasiswa yang mencakup pengetahuan, sikap serta keterampilan sesuai dengan pedoman/instrumen evaluasi, Menjadi contoh (role model) bagi mahasiswa sebagai bidan professional di lingkungan kerjanya. 
 
Pelatihan Preseptor Mentor Bagi Clinical Instructure ini dilaksanakan dalam tiga hari (8-10 Maret 2017) di Kampus I Stikes Muhammadiyah Pekajangan dengan pemaparan materi dilanjutkan dengan diskusi tanya jawab serta praktek phantom (skill lab). Matereri pelatihan disampaikan oleh pemateri yang berkompeten dibidangnya yaitu: Dr. dr Wiwik , MKes, Dr. Mufdilah, SPd SSiT M. Sc (Ketua Asosiasi Institusi Pendidikan Kebidanan Asiyiyah Muhammadiyah), Bidan Nuning Arsiyaningsih, SST MKes (Ketua IBI Cabang Kab. Pekalongan) dan Tim STIKES Muhammadiyah Pekajangan.
Jumlah Peserta dalam pelatihan ini adalah 42 orang yang berasal dari Puskesmas dan Rumah Sakit.
"Pelatihan ini sangat berkesan, banyak sekali manfaat yang di terima, saya menjadi paham bagaimana cara dalam memmbimbing mahasiswa yang baik" ungkap salah satu peserta pelatihan.(Doc. Risqi)



        Copyright © 2015 STIKES Muhammadiyah Pekajangan. All Rights Reserved.