STIKES Pekajangan menjadi pemenang riset daerah pada kategori Perguruan Tinggi.


Terakhir diperbarui oleh :
Administrator,
Senin 2016-11-11 08:29:00


KAJEN – Pemenang lomba riset daerah yakni Tim dari STIEKES Pekajangan sebagai pemenang pada kategori Perguruan Tinggi. Judul penelitian tim yang terdiri dari Mohammad Arifun SKp MKep, Irnawati SKep Ns MMR, serta Halim Indra Kusuma SKom yakni “Efektivitas Penerapan Sistem Informasi Ketersediaan Ruang Rawat dan Ketersediaan Darah (siDARURAT) di Kabupaten Pekalongan”.

Tim ini melakukan penelitian dengan menciptakan aplikasi yang dapat digunakan warga untuk mengecek ketersediaan ruang perawatan dan ketersediaan darah di 3 rumah sakit Kabupaten Pekalongan, yakni RSUD Kajen, RSI Pekajangan, dan RSUD Kraton. masyarakat cukup mengunduh aplikasi tersebut dan akan mendapatkan informasi yang disediakan 3 rumah sakit tersebut dari gadget mereka tanpa harus ke rumah sakit.

Paparan lainnya yakni dari pemenang kategori Umum, dengan judul “Pengembangan Pop-Up ‘Kajen Sehat’ sebagai Media Edumokes (Edukasi dan Promosi Kesehatan) di Kabupaten Pejalongan”. Tim terdiri dari El Faza Hanindita, Muhammad Torik dan Hanindya Restu Aulia MPd. Penelitian ini menghasilkan buku untuk anak-anak dengan tampilan gambar tiga dimensi.

Buku diharapkan bisa membantu anak-anak untuk dapat memahami dan menerapkan perilaku hidup bersih sehat sebagaimana diajarkan buku tersebut dengan teks yang jelas dan gambar serta ilustrasi yang menarik.

Untuk kesempurnaan dalam pembuatan laporan hasil penelitian, audien memberikan sejumlah saran dan masukan dalam sesi diskusi yang dipandu moderator Kabid Statistik & Litbang Bappeda, Ikhlas Ananda SH MSi. Saran tersebut antara lain disampaikan audien yang mewakili pihak Dindikbud Kabupaten Pekalongan, dari Disperindagkop, dari Politeknik Pekalongan, serta dari praktisi batik warna alam Hanafi. Saran dan masukan juga diberikan oleh ‘reviewers’ yang terdiri dari akademia Dr Moh Agus SPi MSi, dari unsur masyarakat Rasjoyo SPd, serta M Yulian Akbar SSos MSi (Kabid Perekonomian Bappeda).

Usai paparan, Ikhlas Ananda menjelaskan, draft laporan hasil penelitian akan diperbaiki dan disempurnakan dan selanjutnya akan direkomendasikan untuk diimplementasikan oleh SKPD terkait, sebagaimana harapan Kepala Bappeda Ir Bambang Irianto MSi dalam arahannya saat membuka kegiatan di awal. (yan) Radar Pekalongan



        Copyright © 2015 STIKES Muhammadiyah Pekajangan. All Rights Reserved.