Pengumuman CPNS, BKD Menunggu Surat Resmi Kemenpan


Terakhir diperbarui oleh :
Administrator,
Senin 2014-08-09 13:08:00


KOTA – Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kota Pekalongan saat ini, masih menunggu surat resmi dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB), terkait dengan pengumuman lowongan formasi CPNS 2014 berikut seluruh tahapan seleksinya. “Harap bersabar. Kita masih menunggu ada surat resmi dari pusat. Saat ini kita juga masih menunggu penetapan dari KemenPAN-RB, mengenai rincian untuk 69 formasi CPNS Kota Pekalongan,” ungkap Kepala BKD Kota Pekalongan Drs Gunindyo, kemarin (8/8).

Mantan Kepala Disperindagkop itu menjelaskan, pihaknya sudah mengirimkan ke KemenPAN-RB tentang rincian lowongan 69 formasi CPNS seperti kuota yang telah diberikan oleh pusat. Secara umum formasi yang dibutuhkan terbagi menjadi beberapa klasifikasi jabatan fungsional. Yakni, tenaga fungsional guru, fungsional tertentu, fungsional peneliti, fungsional umum, instruktur, serta dokter.

“Kebutuhan ini sesuai dengan kuota yang disetujui pemerintah pusat. Perinciannya apa-apa saja, kita masih menunggu pengesahan dari KemenPAN-RB,” tandasnya.

Namun ia menuturkan bahwa perekrutan CPNS tahun ini masih didominasi untuk formasi tenaga pendidik (guru). Dari 69 alokasi formasi yang didapat itu, 30 diantaranya untuk formasi guru. Kemudian, ada lagi 15 formasi untuk tenaga fungsional umum, 13 formasi dokter, 7 formasi tenaga fungsional tertentu, 3 formasi instruktur, serta 1 sisanya untuk tenaga peneliti.

Sementara itu, berdasar informasi yang diunggah di laman resmi Kemenpan, disebutkan bahwa penetapan atau persetujuan rincian formasi CPNS akan disampaikan oleh KemenPAN-RB pada 11-15 Agustus 2014. Dilanjutkan dengan pengumuman lowongan formasi oleh masing-masing instansi, dimulai pada 18 Agustus sampai 29 Agustus 2014.

Sedangkan tahap pendaftaran seleksi CPNS 2014, akan dibuka mulai tanggal 20 Agustus sampai 3 September 2014. Sementara, pelaksanaan Tes Kompetensi Dasar (TKD) CPNS dengan sistem computer assisted test (CAT) akan dilaksanakan mulai tanggal 8 September 2014 sampai selesai. Setelah itu akan dilanjutkan dengan tes kompetensi bidang (TKB) bagi yang lulus passing grade TKD.

Ditambahkan, sesuai surat Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB), pendaftaran CPNS pendaftaran dilakukan secara online atau sistem single entry melalui portal Panselnas. Semua istansi pemerintah dapat dilamar melalui sistem ini.

Dijekaskan pula bahwa masyarakat tidak perlu repot mengurus kartu kuning, SKCK, dan surat keterangan sehat yang terkadang memakan waktu lama. Persyaratan administratif itu diperlukan ketika pelamar sudah dinyatakan diterima. (way)

(Penulis: Wahyu Hidayat & Redaktur: Abdurrahman)

sumber : http://www.radarpekalonganonline.com



        Copyright © 2015 STIKES Muhammadiyah Pekajangan. All Rights Reserved.